Recruitment Process at Chevron Pacific Indonesia


Proses ini merupakan proses yang harus dilewati oleh semua orang yang ingin bekerja di suatu perusahaan.. Namun, terkadang keinginan tidak sejalan dengan kenyataan, banyak orang yang gugur dalam tahap ini.. sehingga mereka harus menghapus harapannya untuk bekerja di perusahaan tersebut.. Apalagi di beberapa perusahaan swasta memberlakukan sistem: sekali kita gagal, kita tidak akan bisa melamar kembali di tempat itu untuk seumur hidup..

Chevron Pacific Indonesia adalah salah satu perusahaan minyak yang merupakan tempat kerja idaman bagi para sarjana di Indonesia.. Proses rekrutmen yang ketat, membuat kita harus benar-benar menyiapkan diri kita untuk dapat lolos dari proses tersebut.. Berikut adalah sedikit gambaran dan tips mengenai proses rekrutmen di Chevron Pacific Indonesia.

Saat ini Chevron bekerja sama dengan konsultan EXPERD dalam mencari bibit unggul di Indonesia, sehingga semua proses rekrutmen dilakukan oleh EXPERD dan chevron tinggal memilih kandidat yang telah diberikan oleh EXPERD. Rekrutmen di Chevron termasuk rekrutmen yang singkat dan tidak berbelit-belit, berikut adalah tahapan tes di Chevron:

I. Tes Administrasi

Tahap ini merupakan seleksi tahap pertama bagi para calon pelamar, dimana kita harus meng-apply secara online melalui http://chevron.experd.com/vacant.php .
Chevron menggunakan sistem ever green, dimana proses ini trus dibuka sepanjang tahun. Kriteria pelamar juga dibagi menjadi 2 yaitu Fresh Graduate dan Experienced (over 4 years). Dalam tahap ini tidak ada waktu yang jelas jangka waktu pengumuman hasil tes-nya. Pengalaman gw, gw melamar pada bulan Juni, kemudian baru dipanggil pada bulan Oktober. Jadi, ternyata hanya pelamar yang lulus yang akan dihubungi oleh pihak EXPERD.

II. Psikotest
Setelah pelamar diberitahu kelulusannya pada tahap administrasi, biasanya pelamar akan diundang untuk mengikuti psikotest yang akan diadakan sekitar 3 hari kemudian. Tahap ini bertujuan untuk mengukur kemampuan intelegensi dari si pelamar. Model psikotest merupakan model psikotest umum, dimana terdiri dari tes kemampuan verbal, numerikal, penalaran, paulina tes. Tes ini akan berlangsung selama kurang lebih 3 Jam.

Hal yang harus dilakukan dalam menghadapi tes ini adalah istirahat yang cukup, sehingga saat mengerjakan tes ini kita dalam kondisi terbaik kita. Selain itu, perbanyak latihan-latihan mengenai tes ini, beli buku latihan psikotest yang banyak dijual di toko buku atau buat yang uangnya pas2an, bisa download di internet. Bila bernasib baik, Pengumuman hasil tes ini umumnya akan dilakukan dalam jangka waktu 1-2 minggu, namun bila sedang bernasib buruk mungkin kita harus menunggu sampai dengan berbulan2, seperti yang diceritakan teman2 pelamar yang lain. Untungnya pada tahap ini gw sedang bernasib baik... hehee

III. Tes Wawancara

Setelah dihubungi oleh pihak EXPERD mengenai kelulusan gw dalam tahap psikotest, gw diundang untuk mengikuti proses rekrutmen selanjutnya yaitu tes wawancara yang akan dilaksanakan 3 hari kemudian.
PENTING!!! wawancara disini, bukan hanya sekedar wawancara mengenai diri kita, namun mengenai kemampuan teknis dari bidang yang kita lamar.. Jadi persiapin diri kita mengenai pengetahuan dasar bidang tersebut, dan belajar untuk berbicara di depan orang.. dengan bahasa inggris tentunya! tes ini berlangsung kurang lebih satu jam, dimana ada sekitar 4 orang pewawancara..

IV. Tes Kesehatan
Sebenarnya pada saat selesai tes wawancara, mereka mengatakan bahwa hasil dari tes ini kurang lebih 1-2 minggu.. Namun, kembali lagi gw bernasib baik, sehari setelah tes wawancara, gw dihubungin sama Chevron.. Gw diundang lagi untuk ikutin tes terakhir yaitu tes kesehatan..

Tes Kesehatan di Chevron bisa dibilang cukup lengkap, dari yang namanya tes Feses, spirometri, THT, Thorax, pokonya banyak deh.. Kita biasanya disuruh untuk puasa dulu dari 12 jam sebelum tes..
Nah, jadi kalo lo lagi tes2 kerjaan gini, lo ilangin deh kebiasaan buruk2 lo dulu kaya ngerokok, makanan kolesterol, obat2an juga stop dulu deh, mau yang bener apa nggak.. terus sering2 olahraga yaa..
Apabila lo udah bisa ampe tahap sini, sebenarnya 99% lo bisa dibilang udah hampir lulus, tp we don't know if shit happens.. Jadi berdoa2 deh yang banyak yaa..!
Hasil dari tes ini itu sekitar 1-2 mingguan..

Itu gambaran buat rekrutmen tes di Chevron.. Pokonya bisa dibilang ini perusahaan Mantabff deh.. dari masa rekrutmen ini aja, buat temen2 yang bertinggal diluar daerah tempat tes, ongkos (pesawat,dll) dan penginapannya akan diganti semua..

Semoga pengalaman gw ini berguna buat temen2 yang mau ngelamar atau lagi tes di Chevron yaa.. Selamat Mencoba!!
72 Responses
  1. Indra Utama Says:

    bah..informatif,tp bikin iri!bangke lo cum..huauaua


  2. Dimas Arya Says:

    ini kan biar membuat lo semua segera menyebur ke perminyakan bung!hehe,
    ayolah daftar nu..!


  3. Anonymous Says:

    Dimas, akhirnya bgmn? sudah hiring? woww..

    salam, Agni


  4. mija Says:

    serius hanya itu proses seleksix?
    klo diurut artix hanya ada 3 seleksi?
    yaitu: psikologi, wawancara user, sm tes kesehatan.
    terus tugas dari experd apa? hanya seleksi administrasi sama tes psikologi? mohon penjelasanx..


  5. Dimas Arya Says:

    @Mbak Agni: Iya mbak makasi, aku udah sebulan nih disini.. stay di rumbai..hehe

    @Mija:
    iyaa, cuma itu doank kok tesnya..
    Experd cuma ngehandle tahap adminstrasi sama psikotest aja.. setelah itu user yg nentuin..
    tapi overall objektif kok rekrutmennya..


  6. Anonymous Says:

    Informasi yg sangat berguna sekali...
    kebetulan jg saya sedang ikut seleksi chevron..skrg lg proses Administration Screening..
    Saya jd sangat interest n termotivasi neh....

    regards,Aldo.


  7. Dimas Arya Says:

    Bagus deh do, kalo tambah termotivasi.. emang sengaja nulis ini biar bs bantu temen2 yang lg mau tes!
    gud luck yaa..


  8. Anonymous Says:

    Mas Dimas.. aku apply buat S1 bulan Oktober 2009.. kog ampe Feb 2010 belum dipanggil2 ya.. apa emang lama gitu? klo kulihat di statusnya si masi administration screening (screening nya pake ayakan apa sich kog lama cekaleee). Saya IP bgus& ada experience lumayan juga... masihkah bisa berharap nih mas?? slm kenal & trims :)


  9. Dimas Arya Says:

    Hallo Mas, salam kenal juga yaa..
    sebenarnya kalo masi statusnya adm screening, berarti masih ada didalam database.. nanti setiap ada kebutuhan dari prusahaan.. barulah, nanti diambil beberapa orang terbaik untuk dipanggil mengikuti tes..
    untuk hal ini, emang bisa dibilang faktor luck jg sangat berpengaruh..
    apabila ke panggil jg beragam waktunya, aku ngelamar bulan juni, baru dipanggil bulan oktober, ada juga yang br sebulan ngelamar kemudian udah dipanggil..
    so saranku, cari alternatif lain dl.. sambil berharap dapat panggilan tes disini.. okay! gud luck ya


  10. lila Says:

    iyeee bgt lo sarannya...
    hahaha...

    betah nih d rumbai..
    :)


  11. Anonymous Says:

    Halo Mas Dimas...
    Infonya sangat bermanfaat bagi yg ingin mencoba peruntungan di industri oil n gas khususnya chevron..Salut buat mas dimas..hehe..Mungkin bisa bagi2 tips n triknya atau cnth2 psikotest chevron..heheh...


  12. Dimas Arya Says:

    Hallo Mas,,
    Sebenernya untuk model2 soal psikotestnya hampir sama dengan yang ada di buku2 tpa/psikotest yg bnyk dijual di toko buku.. hal utama yg harus diperhatiin hanya mslh waktu aja, waktunya cepet bgt.. kalo bs srg latian dgn waktu yg terbatas aja.. biar biasa nanti pas ada tes..


  13. alumni lobam Says:

    mas! klo wawancaranya full pake bhs inggris y, apa cuman pas perkenalan aja???
    thanks infonya..


  14. Dimas Arya Says:

    Sebenernya pas wawancara bebas sih yaa.. tp saranku, kalo mereka start pake bhs inggris.. kita stay pake bhs inggris.. kecuali kalo mereka mulainya bhs indonesia,, yah santai ajaa.. tp biasanya ya bahasa inggris sih..


  15. Anonymous Says:

    salut buat sampeyan mas dimas, mau berbagi cerita ketika masuk ke chevron.

    aku kmrin hbis tes psikotes (14 juli 2010),aku optimis masuk, krn slama tes psikotes slalu lulus.skrg tinggl nunggu pengumumanny, mudah2an cpet pengumumannya, dan tentunya lulus jg,,,hehe
    aku kmrin nglamar bagian electrical technician tpi cma 40 org aja, smentara posisi lainnya rata2 ratusan org yng ikut tes. mau tanya, dari 40 org plig yang diambil brp ya?
    mau nanya lagi, kalo pas interview katanya yng ditanya ttg pribadi ma kemampuan teknis, bisa kasih contohnya gak sperti pa pertanyaannya?maaf banyak nanya.

    terima kasih,

    success for all

    ahmad


  16. Dimas Arya Says:

    Hallo Mas Ahmad, wah hebat udah sampai psikotest ya.. mudah2an lulus psikotestnya ya..
    kalo sampe dipanggil wawancara, yang paling harus disiapin itu pengetahuan kita tentang kemampuan teknis dasar dari posisi yang kita apply.. misalnya, di finance itu seperti jelasin siklus laporan keuangan.. kaya gt lah gambarannya..

    aku gak bisa jawab sih ya, yg diterima berapa, tergantung kebutuhan dr user slnya.. tp mungkin belum tentu hanya 40 orang yg tes, mungkin aja ada di jadwal yg lainnya Mas..

    Semoga membantu Mas.. gud luck


  17. Anonymous Says:

    terima kasih jawabannya mas, oh ya saya mau tanya lagi. kalau kita dah dtrima, apa ada pndidikan diklat atau training dlu atau lainnya?brp lama?kalo fresh dichevron, gaji awal dapat brpaan ya mas, pakai range aja gpp, ya buat referensi aja mas.sangat ditunggu jawabannya mas,

    terima kasih mas....


  18. Dimas Arya Says:

    Kalo udah masuk sini, kita langsung kerja Mas,, gak ada training2 dl di awal, mungkin yg ada hanya training pengenalan company aja.. biasanya training2 itu nanti di tim masing2..
    maaf Mas, untuk masalah gaji aku gak bisa bilang soalnya kebijakan disini gak boleh.. Coba aja search mengenai gaji perminyakan di internet, perasaanku ada yang ngasi detail2 yang cukup relevan kok..


  19. Anonymous Says:

    Hi mas dimas,

    saya mau nanya mas. saya kemaren awal bulan agustus interview chevron. yang mau saya tanyakan biasanya berapa orang yang akan direkrut dalam satu kali perekrutan ( saya daftar FE ). oh ya apakah kita bisa menghubungi pihak HRD untuk meminta konfirmasi apakah hasil interview sudah keluar atau belum . terima kasih mas dimas.


  20. Dimas Arya Says:

    hallo, Kita gak bisa ngubungin mereka, jadi emang harus nunggu aja.. cb sambil di cek emailnya terus aja.. kalo mengenai berapa yg di rekrut, aku kurang tau pasti ya, slnya emg tergantung kebutuhan.. tp biasanya kalo bag. supporting 1 orang sekali rekrut..


  21. Anonymous Says:

    Hi Mas Dimas, nanya2 donk..

    Saya baru nge-apply bulan des 10 kmrn, apply facility engineer.
    *dan masih bertanya2 kapan bkal dipanggil..

    dipanggilnya via apa mas? email ya?

    trus...
    saya penasaran ama tahap wawancara nya, dihadepin ama 4 org?
    damn.
    org indonesia juga yg wawancara?
    *soalnya saya dgr crita temen, babeh nya masuk chevron diwawancara ama bule2 gitu..
    hehe

    klo "menjual diri" in english okelah bsa..
    tapi klo bahasa teknik.. terbata2..
    hehe..

    Mas dimas, bsa kasih sample ga pertanyaan2 mengenai job yg diapply yg mereka ajukan?

    Mas jawabnya lancar jaya ya?


    *thx for the answer, n sorry for my curiosity

    -stanis-


  22. Dimas Arya Says:

    Hay Stanis.. sori baru sempet bales..
    Pertanyaan pertama, kapan dipanggilnya.. itu gak bisa kita tentuin ya, slnya tergantung business needs aja.. kalo pas lg butuh, org experd akan ngubek2 basket-nya utk nyari applicant yg qualified.. so keep waiting aja..
    Nanti panggilannya biasanya via telvon kok..
    Interview nanti biasanya min 3 orang, kalo ada bule apa gaknya sih.. tergantung usernya sih ya, kalo pas memang usernya bule, pasti dia yg akan wawancara..

    Okay? mudah2an bs membantu yaa..


  23. ikhsan Says:

    Hay dimas, salam kenal, saya ikhsan
    baru apply ke chevron nih. tahun lalu say apernah apply juga, terus di undang untuk tes, nah tp saya tolak mas, soalnya lagi di lokasi kerjanya, ga bisa pulang,
    tapi saya kasih penjelasan ke pihak experd nya,
    yang mau saya tanyakan, waktu tes awal biasanya berapa orang yg di undang nya ya,?
    jadi klo lagi beruntung, dari seleksi awal sampai akhir butuh waktu berap;a lama mas/?
    thx ya


  24. Anonymous Says:

    kak, maaf mau tnya, fb kakak apa ??
    mau tnya lebih ,slh freshgraduate,, klo berkenan, kakak add fb saya di catalyst.cisco@gmail.com, soalnya sya ol pke hp kak


  25. Dimas Arya Says:

    Hai ikhsan.. sori baru bales.. Wah kemaren udah dipanggil tp ga dateng ya.. disini sekali penerimaan biasanya yang dipanggil tesnya cukup banyak, jadi kalo gak dateng sepertinya pihak experd gak akan meresponnya..
    Pengalamanku dl, untuk satu posisi yg dipanggil utk tes sekitar 30 orangan.. terus kalo lagi beruntung, durasi tesnya sekitar 1 bulanan.. mudah2an membantu ya


  26. Mitha Says:

    hallo,
    Salam kenal ya mas Dimas...

    Saya kemaren jg ikutan daftar di chevron experd,
    Untuk Operator SMA,

    Tp sampe skarang masi Administration Screening..
    Pnutupan ny kmrn tgl 4 april,
    kira2 butuh brp Lama y utk sampe k proses slanjutny?

    Soal ny saya g masuk melalui sistem Evergreen, tp yg 1 ny Lg, aduhh...Lupa istilah ny apa.
    klo evrgreen kn g jelas tu kpastian ny...

    Tolong d jawab,
    Trima Kasih sbLm nya.....


  27. Dimas Arya Says:

    hay Mitha.. salam kenal juga..
    oh kemaren ikut yang pembukaannya ada di koran ya.. sebenernya gini mit, umumnya yang daftar kan banyak, jadi untuk pemanggilan tes itu, belum tentu semuanya dipanggil wlpun udah mememenuhi syarat..
    biasanya cara yg dipake utk cari kandidat itu, pake sistem breakdown scr komputer.. tergantung berapa banyak yg mau dipanggil tes..
    jadi selama masih admin screening, sabar dl aja ya, mudah2an kalo rejeki akan dipanggil nantinya.. ok


  28. Ranu Says:

    aq Ranu di solo mas....salam knl Mas...
    Mas mau tanya nieh...kl tes Chevron ada toeic nya ga ya???maklum Mas,bhs Inggrisnya Pas2an..aq ikut daftar bagian operator..


  29. Anonymous Says:

    hallo mas dimas,, wah sgt membantu ni info nya, tp mau nanya paulina test tu yg kya gmn ya? hehe maaf bru lulus blm pnh ikt paulina test..


  30. Dimas Arya Says:

    @ Mas Ranu, Di chevron kita gak ada tes bahasa inggrisnya.. tp umumnya kalo wawancara nanti menggunakan bahasa inggris.. yaa ditingkatin terus aja kemampuan inggrisnya, akan kepake kok mau kerja dimanapun...

    @Tes Paulina gambarannya itu kita harus menghitung angkaa2 yang ada di kertas sebesar kertas koran, itunganya sih gak susah tp waktunya lama bg,, jd lumayan cape jg tangannya.. ini biasanya utk liat konsistensi kita gimana


  31. Anonymous Says:

    hi mas Dimas, slam kenal saya rudi. saya sudah daftar di bag facility engineer pada tgl 29 Juli 2011 tapi ampe sekarang masi apply. Tahap selnjutnya dirasakan masih lama dan panjang sedangkan saya ingin melanjutkan S2. Tapi bila saya sia2 kan tidak ada kesempatan ke2 untuk kerja di Chevron. Dilema ni mas. Bagaimana pendapat mas?
    O ya , apabila sudah di terima d chevron apakah bisa melanjutkan S2 lagi
    Terima Kasih


  32. hadi purnomo Says:

    thanks mas infonya, semoga bisa membantu saya...
    sukses untukmu!!!
    sukses untukmu!!!


  33. Anonymous Says:

    salam kenal mas dimas mohon infonya
    Kebetulan seminggu yang lalu suami saya dipanggil utk intvw di CPI trus selesai intrvw katanya akan dikabari paling cepat 2-3hari tapi bisa sebulan kata user dan HRDnya, tapi sudah seminggu blum ada kabar, biasanya dar intervw ke tahap selanjutnya berapa lama??klo membaca pengalaman mas dimas prosesnya sangat cepat ya dr intvw ke tahap berikutnya ga sampai berbulan-bulan, saya sih masih optimis mudah2n suami saya bisa lulus ketahap selanjutnya trimakasih


  34. Mohammed_r Says:

    Salam kenal untuk mas Dimas...
    kemaren sya baru dihubungi oleh PT. Sumber Daya Dian Mandiri yang katanyan yang handle rekruitmen d Chevron...katanya saya disuruh ikut screening process... posisi saya udah d informasikan katanya land officer, apa sih maksudnya? trus tenggang waktu antara screening process dengan psikotest berapa lama yah? tenkyu


  35. Mohammed_r Says:

    oh y mas dimas...aku udah d telp untuk proses screening...tapi aku lupa posisi aku lamar dulu..trus id login aku, gimana? tapi aku udah daftar lagi...tapi statusnya masih applying...


  36. Anonymous Says:

    mas...lok kita varises pas medcek up chevron kira kira lolos ga ya ? thankz
    regards,ical


  37. ruli Says:

    Allow mas Dimas, Saya aplly ke Chevron udah lama dan alhamdulillah skr udah verbal offer dan MCU tgl 23 nov 2011. Habis MCU ada test apa lg ya?? Lama juga prosesnya dari administrasi s/d MCU hampir 10 bln.. Rencana info terakhir wkt verbal offer ke kota batak, minas..& apa sj yang perlu dipersiapkan unt 3 bln masa training itu?? saya posisi unt Construction Eng..


  38. Dimas Arya Says:

    Hay semuanya.. thanks sudah mampir kesini.. sori baru sempet buka blog lagi..
    Aku coba respon satu-satu ya:

    @Rudi,kalo saranku tetep ambil S2-nya aja dulu.. yah mungkin ada risiko, nantinya kalo keterima dan ditempatin di kota yg berbeda sm skolahnya.. tp gpp, itu bs diatur nanti.. biar gak sia2 smbl nunggu panggilan dr Chevron

    @Anonymous, disini untuk panggilan dari satu tes ke tes berikutnya gak tentu mbak,, tergantung dari kebutuhan tim-nya mendesak ato tidak.. dan kalo lolos dan tidak lolos nanti pasti dikabari kok

    @Mohamemed, land officer itu tim yang mengurusi segala hal mengenai pertanahan,, seperti pembebasan tanah.. iya kita kemaren ganti konsultan utk penerimaan, mungkin konsultan yg baru mau mengupdate databasenya, jd diminta apply lg.. gpp buat aja akun yg baru..

    @Ical, aku krg tau pasti ya mas ICal kalo mengenai itu,, biasanya kalo ada penyakit kritis2 (mungkin kriterianya mirip sama persyaratan asuransi kesehatan) baru itu mungkin aga susah..

    @Ruli, wah selamat Mas Ruli sudah sampai tahap mcu, kalo ini lolos tinggal nunggu offering letter aja kok.. untuk 3 bulan pertama, gak perlu siapin apa2.. jalanin normal aja


  39. Unknown Says:

    Tes di EXPERD tertulis atau ada wawancara juga? in english or Bahasa?


  40. Unknown Says:

    Tes di EXPERD tertulis atau ada wawancara juga? in english or Bahasa?


  41. Unknown Says:

    Tes di EXPERD tertulis atau ada wawancara juga? in english or Bahasa?


  42. Anonymous Says:

    mas Dimas, mau tanya nih
    saya baru apply lowongan.. nah, ada data yang ternyata saya salah isi, ternyata ga bisa diedit lagi. saya harusnya isi skill english dgn intermidiet malah sy isi advanced. memang tes toeflnya tes advanced. tapi kemampuan english saya ga bagus bgt. gmn mas?


  43. Anonymous Says:

    mas, saya apply loker D3. memang saya lulusan D3. tapi sdg semester akhir tinggal 3bulanan lagi saya lulus. Tapi saya sudah apply lowongan.

    tidak apa-apa kan?

    trus maksudnya biaya akomodasi kita diganti itu jika kita lulus sampai akhir? biasanya tempat tesnya dimana?

    sip. makasih


  44. Anonymous Says:

    Salam Kenal mas Dimas..
    Saya mau nanya, gambaran mengenai Production Engineering itu jobnya apa aja ? Langsung di lapangan yah mas ?
    makasih...

    _Rangga_


  45. Anonymous Says:

    Salam Kenal mas Dimas..
    Saya mau nanya, gambaran mengenai Production Engineering itu jobnya apa aja ? Langsung di lapangan yah mas ?
    makasih...

    _Rangga_


  46. dora Says:

    halo mas, mau nanya.

    kalo qta diterima di chevron jakarta, apakah ada disediakan tempat tinggal (mess) bagi mereka yg berasal dari luar jakarta?

    trus pas tes, interview dan medical check up kan qta diminta ke jakarta. apakah semuanya bisa di-reimburse kembali?

    thx sebelumnya ^^


  47. Liza Says:

    Info yang membakar semangat,
    Likes this mas!!

    mas kalo boleh tau daftar position apa.,?
    kebetulan saya tertarik sekali untuk bergabung dengan Chevron.,
    kayanya persiapan yang harus selalu mantab di setiap tahapan tesnya.,

    mau tanya juga mas, kalo pas interview tadi kan bersifat teknis katanya, itu berarti sesuai jurusan kita ya mas.,?
    kalo tips dari mas dimas untuk "enjot interview" dengan mereka gimana ya mas.,?
    terima kasih.,

    boleh lewat email kok mas ke
    lizazeplika@gmail.com


  48. Anonymous Says:

    Mas Dimas, kl sud lulus wawancara kemudian MCU apakah kansnya sudah cukup besar utk masuk di Chevron?

    Thanks.


  49. Dimas Arya Says:

    Hello semuanya.. Coba tak rangkum aja jawabannya ya..
    - kalo sudah sampai med check, chancenya 90% bisa dibilang untuk keterima
    - Untuk tesnya umumnya interview dgn bhs inggris
    - Untuk interview pastinya technical yang terkait sama jurusan kita kuliah dan juga posisi yang kita apply
    - untuk di jakarta kita gak menyediakan mess, jadi urusan pegawainya sendiri aja
    - Production engineer, itu kerja di lapangan atau nggaknya, nggak ada ketentuan pastinya yaa.. umumnya di kantor jg, tp banyak visit ke field..

    Mudah2an cukup menjelaskan yaa


  50. Anonymous Says:

    mas posisi sekarang di rumbai ya mas?
    kalo kerja di lapangan dari pihak chevron ada rotasi berapa minggu mas?
    jadi pengen tau waktu mas dimas dlu baru berangkat ke rumbai persiapannya gimana,
    kerja di lapangan soalnya pasti seru plus banyak tantangan :D

    Thank you mas.


  51. Anonymous Says:

    Salam kenal mas Dimas. Wah,seru sekali ceritanya. Kebetulan aku juga apply buat chevron,Alhamdulillah sudah verbal offer,tapi belum dikirimin offering letter. Akan join buat di duri agustus besok

    Aku pengen nanya nh mas. Aku kan apply buat petroleum engineer,tapi backgroundQ dari teknik kimia dan g ada pengalaman di migas sebelumnya. Selama 3 bulan probation,poin2 apa y yang dievaluasi? Hee,serem aja,mas bilang ga ada training dulu kan. Khawatir banyak yang aku ga ngerti besok >.<


  52. Anonymous Says:

    salam kenal mas...aku br aja interview dijakarta, butuh waktu hampir 5 minggu utk dipanggil interview.Tim pengujinya ada 3 orang, hrd,contruction en hse.Interviewnya in english soalnya ada bulenya..trus dpt biaya akomodasi mulai yg terkecil 50rb sampai 800 tergantung domisili kita berdasarkan id card..hsl test akan dikasih tau 2 minggu dr test apakah km lulus atw ngak..ni skrng lg nunggu aja mudah2an bs lulus he..he..yg penting tetap semangat aja..


  53. Anonymous Says:

    slm kenal mas, aku barusan interview tgl 13 juni kemarin,ada bulenya lg..jd harus pake bhs inggris..skrng lg nunggu hsl paling lama 2minggu..yg penting tetap semangat, persiapkan diri dgn matang..good luck for our..


  54. Dimas Arya Says:

    Tenang aja,,, banyak jg kok kawan2 disini yang masuk ke PE tp backgroundnya dari tekim.. Kalo probation disini gak susah kok, jarang ada yg ga lolos.. paling jaga2 diri jangan sampai ada accident aja...
    Anw, sudah banyak yang tes yaa.. gud luck deh smua-nya.. kabar2in kalo udah join yaa


  55. Lian Says:

    salam kenal mas. aku udah interview sejak 30 May kemarin. apply buat posisi biz analyst.
    kemarin dijanjiin paling lama 3 minggu, hasil interview udah keluar. tapi ditunggu2 ampe skrg, koq masih blom jelas ya?
    paling kemarin ada email yg bilang, disuruh nunggu lagi buat hasil interviewnya...
    emang biasa agak lama ya buat keluar hasil interviewnya?
    thanks mas sebelumnya.


  56. Unknown Says:

    mas , bisa minta nomor hp atau facebook ? saya mau nanya tentang chevron mas , makasih ,


  57. Anonymous Says:

    salam kenal mas.mo nanya nih di chevron pake sistem roster ~kah?


  58. Anonymous Says:

    salam kenal mas.di chevron kalo di field balikpapan pake sistem roster ndak?


  59. salam kenal mas.mo nanya nih.kalo di chevron balikpapan sistem kerjanya gmn ya?rooster?gw bln depan mo ada interview utk job di kaltim.tx infox


  60. Unknown Says:

    Mas Dimas

    saya bulan kmren Apply Accountant-Intercompany(Recent Graduate)

    itu diproses kapan ya mas? sebelumya boleh dong di shre Aptitude Tesnya
    ane minat Banget ni sama Chevron
    Sebelumnya Thanks mas Dimas

    By Ekoes


  61. Unknown Says:

    Mas Dimas

    saya bulan kmren Apply Accountant-Intercompany(Recent Graduate)

    itu diproses kapan ya mas? sebelumya boleh dong di shre Aptitude Tesnya
    ane minat Banget ni sama Chevron
    Sebelumnya Thanks mas Dimas

    By Ekoes



  62. Unknown Says:

    Mas Dimas

    saya bulan kmren Apply Accountant-Intercompany(Recent Graduate)

    itu diproses kapan ya mas? sebelumya boleh dong di shre Aptitude Tesnya
    ane minat Banget ni sama Chevron
    Sebelumnya Thanks mas Dimas

    By Ekoes


  63. Anonymous Says:

    salam kenal mas, minimum gpa 2,75 nih, klo gak sampai apa gak bisa apply di sana ya?


  64. Anonymous Says:

    Salam kenal Mas Dimas,

    Bener gak sih melamar kerja di Chevron itu kalo gagal sekali artinya kita gak akan bisa melamar disana lagi seumur hidup?
    Walaupun job position yang kita pilih berbeda dari waktu kita apply pertama dulu, apa tetap gak akan lolos ya?

    thx ^^
    salam,

    rina


  65. Anonymous Says:

    salam kenal mas... saya mau tanya sistem breakdown secara komputer dalam rekrutmen chevron itu maksudnya apa ya??


  66. Mas Dimas saya yoga kurniawan, saya beberapa waktu yang lalu saya apply di chevron yang bagian IT Engineer dan sekarang saya baru saja dapat panggilan untuk tes aptitude. Nah, yang ingin saya tanyakan nantinya jika saya mengeluarkan biaya transport dari tempat asal saya di Bali ke Jakarta apakah nanti akan diganti langsung oleh Chevron ketika kita sudah sampai di jakarta ?

    Terimakasih, mohon informasinya Mas :)


  67. Anonymous Says:

    lam kenal Mas Dimas ...
    Saya sudah lulus MCU, dan sudah verbal offer tp belum dapat lettter of agreementnya. Katanya sih lg routing approval utk hiring, tp sudah dapat email kl on board 1 juli 2013. memangnya gimana seh proses setelah lulus MCU ???, thanks


  68. Dimas Arya Says:

    Hi semua.. udah lama banget gw ga buka blog ini.. gak nyangka ada banyak banget pertanyaan dr visitor2.. maaf yaa kalo kemaren gak sempet bales ptanyaan2mya..
    mudah-mudahan besok-besok gw bisa bales2in comment temen2, gw dah pasang notification di email kok skrg kalo ada yg mau nanya2... cheers!


  69. Anonymous Says:

    hallo mas Dimas, salam kenal... suami saya Alhamdulillah sdh smp tahap medical check up, dan akan ditempatkan di Duri. apa aja mas kira2 yg akan di tes dalam tahap ini dan bagaimana persiapannya? test ini menentukan sekali atau tidak?


  70. Dimas Arya Says:

    hello Mbak.. sebenernya kalo udah medical check up sih gak ada sesuatu yg harus disiapin, paling istirahat yang cukup sebelum check up.. kalo udah med check sih mudah2an kansnya udah besar kok! semoga berhasil yaa


  71. Anonymous Says:

    salam kenal mas..
    saya browsing-browsing tentang cpi, dapat blog ini.
    saya rencana bakal gabung ke cpi sbg project accountant di duri.
    cuma mau tanya2 sekitar cpi, ada alamat email ga mas? atau bisa share alamat emailnya mas ke parialanronald@gmail.com

    thanks!