Selayang Pandang Dunia Perminyakan Indonesia

Kerja di industri perminyakan, merupakan dambaan bagi banyak mahasiswa ataupun sarjana-sarjana di Indonesia.. Bagaimana tidak, menurut survey-survey yang diadain, gaji buat fresh graduate di industri ini adalah yg paling tinggi jika dibandingin sama industri-industri yang lain.. Gosip-gosip-nya buat fresh graduate yang berasal dari jurusan teknik, mendapat gaji langsung 2 digit, di tahun pertama kerjanya..

Di Indonesia sendiri, ada beberapa perusahaan minyak yang beroperasi disini, contohnya Chevron, Conono Philips, Schlumberger, Total, Cnooc, Kodeco, Medco sampai Pertamina yang sekarang juga sudah menjadi pemain di industri ini.. Hal ini tidak lain karena Indonesia mempunyai kekayaan minyak yang besar.. contohnya, Minas, ladang minyak yang digarap oleh Chevron ini merupakan ladang minyak yang terbesar dia Asia Tenggara.. mereka beroperasi di Indonesia dengan menggunakan Production Sharing Contract..

Perusahaan minyak dikenal memberikan fasilitas yang terbaik untuk para karyawannya..
Dari tunjangan kesehatan yang mengcover untuk seluruh keluarga, tunjangan rumah, tunjangan makanan, fasilitas olahraga, dsb.. Namun, untuk masuk ke dalam perusahaan yang bonafide seperti ini memang tidak mudah, dikarenakan persaingan yang sangat ketat..
Tapi tidak ada salahnya kita untuk mencoba peruntungan kita di dunia ini.. dunia yang telah menghidupi Indonesia selama tahun 70-90an...
4 Responses
  1. Afrizal Says:

    Hi Dimas, saya telah beberapa kali membaca artikel2 anda, sangat menarik dan bermanfaat..
    kalo boleh tau, untuk pegawai baru di Chevron ada yang namanya prohibition ya? aktivitasnya apa aja? apa ada semacam training atau problem solving atau bagaimana?

    salam dari jogja...


  2. Dimas Arya Says:

    Hallo Mas Afrizal.. terimakasih commentnya.. mungkin probation ya maksudnya/masa percobaan? disini kalo probation kita ada di 3 bulan pertama, biasanya sih gak ada training khusus gt.. paling pengenalan aja 2 hari pertama, terus lgsg terjun ke usernya.. nanti sambil jalan baru mulai ada training2nya..


  3. Anonymous Says:

    Koreksi: Maaf, Schlumberger bukan perusahaan minyak,mas..tapi service company layaknya Halliburton dan Baker Hughes..Thx


  4. Anonymous Says:

    Maaf,koreksi..Schlumberger bukan perusahaan minyak mas..tapi service company layaknya Halliburton dan Baker Hughes..Thx